SHID-36515- ASIA TIMUR DAN TATA EKONOMI POLITIK INTERNASIONAL

Mata kuliah Asia Timur dan Tatanan Ekonomi Politik Internasional merupakan studi yang membahas mengenai dinamika ekonomi dan politik yang terjadi di kawasan Asia Timur. Kawasan Asia Timur yang saat ini menjadi wilayah yang maju dalam segi perekonomian salah satunya kemajuan yang tinggi di Cina. Selain Cina terdapat Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan yang memiliki kemajuan pesat pada bidang teknologi. Sedangkan Mongolia dapat dikatakan memiliki perkembangan yang kurang dari segi ekonomi. Meskipun kawasan Asia Timur memiliki kemajuan rata-rata yang tinggi dalam hal perekonomian, namun mereka juga memiliki banyak permasalahan dalam hal politik. Masalah yang paling kompleks terdapat di Korea Utara yang memiliki senjata nuklir dan menjadi ancaman negara-negara di sekitarnya seperti Korea Selatan dan Jepang. Secara garis besar mata kuliah ini akan membahas tiga pokok bahasanya, yaitu geografis, politik, dan ekonomi. Tiga pokok bahasan tersebut menjadi batasan ruang lingkup kajian di Asia Timur.

 

Sehingga mahasiswa dapat memahami dan mempelajari kajian studi kawasan Asia Timur ini dengan baik. Selain itu dapat mengidentifikasi masalah yang sedang dan akan terjadi di kawasan tersebut. Dengan demikian maka mahasiswa bisa memiliki kemampuan analisis yang lebih dalam menyikapi setiap isu dan masalah yang ada.


Student: Tresea -, ufairah ., Safira Adisa, Fahrizal Afriansyah, Haldesti Agkama, Shinta Ayu Agustyna, Aliyah Ahmadiyah, Ivan Ali Raja, Maulana Reyvan Alvendo, Katherine Amalia N, Qadja Amarullah, Dini Anggraeni, Ayu Anita, MELI ANTIKA, R.M. Ardhiansyah, fasholli ashkar, Gilda Azhara, Khaleb Zefanya Babo Ginting, Gita Cahyarani, Namira Chairunisa, Salwa Adelia Costangen, Rafisya D. Utami, Depi Diana, Rissha Dwi Angelina, Novita Dwi Setya Ningsih, maydah eta, Muhammad Farish, Melia Fatmala Dewi, Muhammad Ghaits Falah, Muhammad Gian Fickron, Agnes Gugi, Hanna Hafizoh, Rivaldi Husaini Hardiansyah, Dafid Herli Yando, Miftahul Hidayah, M. Irfan Hidayatullah, shinta indriati, Bobby Jansen, Abellia Dea Jovita, riska kamila, audra nabila kasanopha, Nova Krisna, Pavita Laurensia, Irsyad Mahdy Sholahuddinn, Inka Mila Rizky, dinda miranda, Putri Ayu Miranda, Fatimah Farah Mona, Frederik Nainggolan, Nidia Naliopa, Putri Nevirra, Fajar Rahmat Nurhariadi, Bella Khansa Octarini, Bunga Misra Oktariani, Saskia Pamela, Muhammad Panji Nurhadi, Wiranti Permata Hati, Arif Hadi Prakoso, MUHAMMAD RAFIYF PRATAMA, rian pratama, indah purnama sari, Linda Purnama Sari, Anggina Putri, Fanny Widya Putri, Sapphira Peggy Wijaya Putri, Tentyarsih Rafaila, sindy eka putri rahayu, Latanya Tita Raihani, Tengku Rakha Raihan, Desandro Ramadhan, Sheilla Ramadhina, Anita Ramadini, M Ilham Ramansyah, Sulistia Rani, Friska Adita Repsilia, Inal Rezki Pebriansyah, Muhammad Bobbby Riyaas Sapindro, Silvany Rizqita, Gabriel Audita Salsabila, Tiara Syifa Salsabila, Grace Santi Maria Olivia Pangaribuan, muhammad bima saputra, Gaby Shafira, Tama Silviana, Yuliana Simanihuruk, Arga Kristin Simanjuntak, Haykal Dandito Siswanto, Ibrahim Sobirin, Kinanti Tamara, M. Iqbal Tawakal, muhammad warisky, Flavia Yessica Br Sembiring, sevti wulan yunita fauziah, Nida Yuseva, Adellya Zahra Chairani, Auva Zaina Wandira