2122-01-EKS06715-MANAJEMEN PEMASARAN JASA

Sektor jasa dewasa ini telah mengalami peningkatan yang dramatis dibanding dekade sebelumnya. Hal ini terlihat dari kontribusi sektor ini terhadap perekonomian dunia yang kini telah mendominasi sekitar dua pertiganya. Pertumbuhan sektor jasa yang begitu cepat dipicu oleh adanya perubahan demografis, perubahan sosial, perubahan lingkungan ekonomi, perubahan bidang politik, hukum, dan globalisasi. Dinamika yang terjadi pada sektor jasa terlihat dari perkembangan berbagai industri jasa seperti perbankan, asuransi, penerbangan, telekomunikasi, retail, pariwisata, dan perusahaan-perusahaan jasa profesional seperti kantor akuntan, konsultan, dan pengacara. Selain itu juga terlihat juga maraknya organisasi nirlaba, seperti LSM, lembaga pemerintah, rumah sakit, universitas, dan lain-lain yang kini semakin menyadari perlunya peningkatan orientasi kepada pelanggan/konsumen. Implikasi penting dari fenomena ini adalah makin tingginya tingkat persaingan, sehingga diperlukan Manajemen Pemasaran Jasa yang distinctive dibanding pemasaran tradisional (barang) yang telah dikenal selama ini.