PERANCANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS PROBLEM DAN PROJECT
Mata kuliah PERANCANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS PROBLEM DAN PROJECT memiliki beban belajar 14 sks. Mata
kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
dengan memanfaatkan hasil pendalaman materi keprofesian, pedagogi, dan bidang studi
dalam bentuk lokakarya serta pelaksanaan peerteaching (praktik pembelajaran dengan
teman sejawat). Pengembangan perangkat pembelajaran meliputi analisis kurikulum,
merancang kegiatan dan penilaian pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan
Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) berbasis platform revolusi
industri 4.0. Rancangan kegiatan dan penilaian pembelajaran yang mendidik dengan
mengintegrasikan kemampuan critical thinking, creative thinking, reflective thinking dan
decision making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry based activities. Produk dari
lokakarya ini adalah program tahunan dan semester, analisis kurikulum, dan perangkat
pembelajaran yang mencakup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar,
media pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen penilaian. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dimplementasikan dalam dalam bentuk
peerteaching dan diakhiri refleksi setelah pembelajaran.
Rincian Mata Kuliah ini adalah sebagai berikut:
- Penyusunan Ptota-Prosem (1 sks)
- Analisis Kurikulum (1 sks)
- Pengembangan Silabus/RPP (1 sks)
- Pengembangan LKPD (1 sks)
- Pengembangan Bahan Ajar (3 sks)
- Pengembangan Media Pembelajaran (2 sks)
- Pengembangan Instrumen Penilaian (2 sks)
- Validasi Perangkat Pembelajaran (2 sks)
- Praktik Pembelajaran dengan Teman Sejawat (Peerteaching) (1 sks)
PENDALAMAN MATERI PEDAGOGIK DAN BIDANG STUDI
Mata Kuliah pendalaman materi pedagogik dan bidang studi dilakukan secara daring
dengan beban belajar 6 sks. Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk penguatan
pemahaman tentang keprofesian, pedagogi, dan materi bidang studi dengan memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang dilakukan secara daring dan
mandiri melalui Learning Management System (LMS) dan sumber lainnya. Keprofesian
guru perlu didukung dengan pemahaman yang mendalam tentang teori belajar, psikologi
pendidikan, sosial kultural, kontruksi sosial, dan keberagaman. Pendalaman materi
pedagogi mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang mendidik.
Pendalaman materi bidang studi mencakup materi esensial termasuk advanced materials
bidang studi yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan
“bagaimana” (penerapan) dalam kehidupan sehari-hari. Pendalaman materi bidang studi ini
juga diarahkan untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS).
Pembelajaran daring ini dilaksanakan sebelum lokakarya pengembangan perangkat
pembelajaran, dilakukan secara terbimbing oleh dosen/instruktur daring dan dilanjutkan
selama program PPG berlangsung secara mandiri.