Help with Search courses

PERANCANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS PROBLEM DAN PROJECT

Mata kuliah PERANCANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS PROBLEM DAN PROJECT memiliki beban belajar 14 sks. Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan hasil pendalaman materi keprofesian, pedagogi, dan bidang studi dalam bentuk lokakarya serta pelaksanaan peerteaching (praktik pembelajaran dengan teman sejawat). Pengembangan perangkat pembelajaran meliputi analisis kurikulum, merancang kegiatan dan penilaian pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) berbasis platform revolusi industri 4.0. Rancangan kegiatan dan penilaian pembelajaran yang mendidik dengan mengintegrasikan kemampuan critical thinking, creative thinking, reflective thinking dan decision making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry based activities. Produk dari lokakarya ini adalah program tahunan dan semester, analisis kurikulum, dan perangkat pembelajaran yang mencakup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, media pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen penilaian. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dimplementasikan dalam dalam bentuk peerteaching dan diakhiri refleksi setelah pembelajaran.


Rincian Mata Kuliah ini adalah sebagai berikut:

  1. Penyusunan Ptota-Prosem (1 sks)
  2. Analisis Kurikulum (1 sks)
  3. Pengembangan Silabus/RPP (1 sks)
  4. Pengembangan LKPD (1 sks)
  5. Pengembangan Bahan Ajar (3 sks)
  6. Pengembangan Media Pembelajaran (2 sks)
  7. Pengembangan Instrumen Penilaian (2 sks)
  8. Validasi Perangkat Pembelajaran (2 sks)
  9. Praktik Pembelajaran dengan Teman Sejawat (Peerteaching) (1 sks)

PENDALAMAN MATERI PEDAGOGIK DAN BIDANG STUDI

Mata Kuliah pendalaman materi pedagogik dan bidang studi dilakukan secara daring dengan beban belajar 6 sks. Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk penguatan pemahaman tentang keprofesian, pedagogi, dan materi bidang studi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang dilakukan secara daring dan mandiri melalui Learning Management System (LMS) dan sumber lainnya. Keprofesian guru perlu didukung dengan pemahaman yang mendalam tentang teori belajar, psikologi pendidikan, sosial kultural, kontruksi sosial, dan keberagaman. Pendalaman materi pedagogi mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang mendidik. Pendalaman materi bidang studi mencakup materi esensial termasuk advanced materials bidang studi yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) dalam kehidupan sehari-hari. Pendalaman materi bidang studi ini juga diarahkan untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Pembelajaran daring ini dilaksanakan sebelum lokakarya pengembangan perangkat pembelajaran, dilakukan secara terbimbing oleh dosen/instruktur daring dan dilanjutkan selama program PPG berlangsung secara mandiri.