Help with Search courses

GIP5202 Statistik Pendidikan

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa menguasai beberapa teknik statistika dan mampu memilih secara tepat teknik statistika yang sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian. Oleh karenanya, mereka perlu difasilitasi dan didorong agar menguasai: jenis data dan cara penyajiannya, statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika deskriptif mencakup mean dan ukuran tendensi sentral lainnya, serta variabilitas. Statistika inferensial mencakup parametrik dan non parametrik. Topik yang akan dibahas antara lain meliputi penarikan parameter populasi, pengujian perbedaan nilai-nilai statistik, analisis varians, prediksi dan regresi, dan beberapa tes non parameter. Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu memahami laporan-laporan penelitian dan mengolah data penelitian yang dikumpulkan dalam penulisan tesis.


GTP5103 Visualisasi dan Estetika Desain Pembelajaran

Dalam Mata kuliah ini mahasiswa mempelajari bagaimana kreatifitas dan inovasi pesan dan ide yang dipresentasikan dalam bentuk media dan bahan ajar yang divisualisasi dalam bentuk produk pembelajaran yang memenuhi kriteria estetika dan seni, dengan memadukan unsur-unsur estetika seni multimedia dan unsur pedagogik. Dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, pendekatan, strategi, metode pembelajaran dan teknologi terkini.

2122-01-GIP5101-Filsafat Ilmu

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar keilmuan yang memberikan pemahaman  kepada mahasiswa tentang filsafat ilmu. Mata kuliah ini membahas topik-topik filsafat dan pemikiran filsafat, filsafat ilmu yang meliputi ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Di samping itu dibahas pula sarana pengembangan ilmu serta hubungan antara ilmu, moral serta agama, juga hubungan antara perkembangan ilmu dan perkembangan kebudayaan, serta penerapan metode ilmiah dalam kegiatan penelitian ilmiah; juga filsafat (ilmu) pendidikan sebagai salah satu cabang filsafat ilmu.


GTP5101 Landasan TP dan Implementasi dalam Pembelajaran

Mata kuliah ini terdiri dari dua bagian yang saling bersinergi. Dalam bagian belajar pembelajaran  mahasiswa mendapatkan pemahaman mengenai teori-teori belajar serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran yang inovatif. Kajian perkuliahan meliputi: 1) Ruang lingkup dan batasan teori deskriptif dan teori perspektif, 2) Teori-teori belajar yang meliputi: (a) Teori behavioristik, (b) Teori kognitif, (c) Teori konstruktivisme, (d) Teori belajar sosio-kultural (konstruktivistik), (e) Teori humanistik, (f) Teori pemrosesan informasi, (g) Teori kecerdasan ganda, dan (h) Neuroscience, 3) Penerapan teori-teori belajar ke dalam praktek pembelajaran. Sedangkan di bagian Landasan Teknologi Pendidikan diajak untuk memahami dasar  serta untuk mengkaji pengertian dan perkembangan teknologi pendidikan sebagai suatu disiplin ilmu, bidang garapan dan profesi, yang diperlukan untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam berbagai kondisi dan situasi. Pengertian teknologi pendidikan berkembang di suatu pihak sebagai akibat dari meningkatnya tuntutan terhadap pendidikan yang tidak dapat diselesaikan dengan cara-cara konvensional, dan pada pihak lain karena dampak perkembangan ilmu dan teknologi yang memberikan peluang atau alternative baru.  Pembahasan kuliah mencakup:   rasional tumbuh dan berkembangnya teknologi pendidikan, factor dan sumber yang mempengaruhi perkembangan teknologi pendidikan, kawasan dan bidang garapan teknologi pendidikan, berbagai bentuk dan prosedur penerapan Teknologi Pendidikan dalam pembangunan Pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, profesi Teknologi Pendidikan, serta kontribusi teknologi pendidikan dalam reformasi pendidikan

GTP5104 Evaluasi dan Validasi Pembelajaran

Mata kuliah ini memuat teori-teori mengenai evaluasi; pengertian; perbedaan evaluasi, pengukuran, dan penilaian; bentuk dan jenis alat penilaian; perencanaan tes dan nontes; pengujian validitas dan reliabilitas tes, model-model penilaian program, penyusunan dan kaidah tes, analisis hasil tes dan nontes (skala likert), PAN dan PAP; serta penerapan/aplikasinya dalam kegiatan nyata.

2122-01-GTP61416-Evaluasi Program Pembelajaran

Mata kuliah ini memuat teori-teori mengenai evaluasi: pengertian; perbedaan antara evaluasi, pengukuran, dan penilaian; bentuk dan jenis alat penilaian; perencanaan tes dan nontes; pengujian validitas dan reliabilitas tes, model-model penilaian program, penyusunan dan kaidah tes, analisis hasil tes dan nontes (skalalikert), PAN dan PAP; serta penerapan/aplikasinya dalam kegiatan nyata. Selain itu mahasiswa mampu untuk mendesain  soal HOTs, membuat video pembelajaran dalam memvalidasi soal secara kualitatif.


GTP6302 Pengembangan Desain Media dan Sumber Belajar Digital

Mata kuliah ini membahas teori dan praktek dalam merancang media instruksional. Penerapan prinsip-prinsip belajar dan komunikasi dalam pengembangan bahan ajaran dan sumber belajar terutama di rana digital. Kecenderungan dalam pengembangan media untuk belajar meliputi modul, paket pengajaran terprogram, dan sebagainya. Pada mata kuliah ini dibahas secara komprehensif tentang konsep media dan sumber belajar, ragam dan klasifikasi media, Landasan teori penggunaan media dan sumber belajar, serta pendekatan resource-based learning. Mahasiswa diharapkan dapat menguasai aspek-aspek pengembangan media seperti pengertian atau batasan media tertentu, ragam, fungsi dan langkah-langkah pengembangannya, misalnya media cetak, media grafis, media tiga dimensi, media audio, media yang diproyeksikan, media video, multimedia, media berbasis jaringan. Pembahasan difokuskan pada pengembangan media dan sumber belajar, untuk itu dikaji konsep pengembangan dan beberapa model pengembangan produk seperti ADDIE, Rapid Prototyping, Dick & Carey dsb. Selain itu juga bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap positif inovatif untuk membuat/mengembangkan multimedia interaktif berbasis IT terkini dalam kajian Desain Media dan Sumber Belajar Digital.