Help with Search courses

GOR 407417 Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)

Pengenalan Lapangan Persekolahan  (PLP ) bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan untuk membangun jati diri calon guru melalui pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan manajemen sekolah, pengamatan struktur organisasi sekolah, pengamatan kegiatan-kegiatan seremonial-formal di sekolah (misalnya: upacara bendera, rapat briefing, KKG/MGMP), pengamatan karakteristik peserta didik, pengamatan kegiatan-kegiatan rutin berupa kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuluer, serta pengamatan praktik-praktik kebiasaan positif di sekolah sehingga mahasiswa diharapkan mampu mendeskripsikan kultur sekolah, mendeskripsikan manajemen sekolah, mendeskripsikan struktur organisasi sekolah, mendeskripsikan kegiatan-kegiatan seremonial-formal di sekolah, mengidentifikasi karakteristik peserta didik, mendeskripsikan kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler serta medeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

GIP206317 Administrasi dan Manajemen Sekolah

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis hakikat dan makna strategi dan model pembelajaran, mengidentifikasi  berbagai upaya menata faktor eksternal agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Menganalisis taksonomi variabel dalam pembelajaran (tujuan pembelajaran dan karakteristik bidang studi, kendala, karakteristik peserta didik. Strategi dan model pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, strategi pengelolaan pembelajaran). Dasar pertimbangan pemilihan strategi dan model pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun non desain untuk strategi dan model pembelajaran. Berbagai contoh penyusunan strategi dan pemilihan model pembelajaran,  dan contoh-contoh praktek terbaik dalam implementasi (best practicec) tentang strategi dan model pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar.


GOR 63316 Pemanduan Bakat Olahraga

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang berbagai potensi dalam diri siswa dalam mengembangkan bakat olahraga berdasarkan science dan IPTEK keolahragaan dalam meraih prestasi olahraga.

Teacher: herri yusfi

GOR336317 Administrasi dan Manajemen Penjaskes

Mata kuliah ini bertujuan untuk ada pemahaman mahasiswa tentang konsep dasar administrasi dan manajemen dalam memperdayakan subtansi tugas yang berkaitan dengan organisasi keolahragaan. Mata kuliah ini mengkaji tentang penerapan manajemen penjas, yakni perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan.

GOR325217 Cedera Olahraga

Mata kuliah ini membekali wawasan, pengetahuan dan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang pencegahan dan perawatan cedera (PPC) yang meliputi (1) definisi, mekanisme dan jenis cedera olahraga,(2) konsep pencegahan cedera olahraga, (3) penyusunan program pencegahan cedera olahraga (4) penanganan pertama pada cedera olahraga, (5) penanganan tingkat lanjut/perawatan cedera olahraga. Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi kelompok, analisis melalui studi kasus, penugasan, demonstrasi dan praktek mandiri yang diberikan berbasis masalah terhadap cedera olahraga.


GOR310117 Sosiologi Olahraga

Mata kuliah ini memfokuskan dan membahas tentang kemasyarakatan fenomena sosial, tingkatan sosial dalam olahraga, wanita dalam olahraga, keterkaitan olahraga dan media massa, tingkah laku kolektif dalam olahraga, perubahan sosial dalam olahraga dan budaya dalam olahraga yang menitikberatkan pada hakikat dan konsep berpikir secara sosiologis untuk menginvestigasi dan menjawab isu-isu mengenai:

a. Bagaimana olahraga dan partisipasi olahraga dapat mempengaruhi kehidupan manusia.
b. Bagaimana olahraga dapat mempengaruhi gagasan dan ide seseorang tentang maskulinitas, feminimitas, gender, ketidakadilan, etnisitas, kegembiraan, kompetisi, sikap sosial, individualisme, agresifitas, kekerasan dan pembentukan karakater melalui olahraga.
c. Bagaimana organisasi dan makna olahraga berkaitan dengan hubungan sosial di dalam kelompok, komunitas atau masyarakat.
d. Bagaimana organisasi dan makna sosiologi olahraga berkaitan dengan kegiatan ekonomi dan pemasaran produk-produk olahraga.
e. Bagaimana olahraga berkaitan dengan ruang-ruang kehidupan dalam masyarakat, seperti: politik, sosial, pendidikan, media massa, ideologi, dll.